PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan persiapan operasional Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta menjelang penerbangan perdana rute luar negeri Garuda Indonesia yang dimulai 1 Mei 2017.
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin meminta seluruh jajaran, baik itu AP II, maskapai Garuda Indonesia, tenant, ground handling, dan pihak-pihak lainnya untuk siap memulai penerbangan internasional di Terminal 3.
Saat ini, ujarnya kesiapan main building untuk Terminal 3 Internasional sudah mencapai 100% optimistis penerbangan akan berjalan lancar.
“AP II berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pihak yang mendukung. Terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh stakeholder yang fokus selama persiapan sehingga Terminal 3 dapat mulai melayani penerbangan internasional,” ujarnya melalui siaran pers pada Minggu (30/4/2017).
Pada 1 Mei 2017 atau saat penerbangan perdana rute internasional di Terminal 3, Garuda Indonesia akan mengoperasikan sebanyak 63 penerbangan internasional dengan sejumlah tujuan yang diawali dengan penerbangan keberangkatan GA 824 rute Jakarta – Singapura pada pukul 06:10 WIB dan penerbangan kedatangan GA 823 rute Singapura – Jakarta pada pukul 08:15 WIB.
Terminal 3 Internasional pada tahap awal ini akan melayani penerbangan internasional Garuda Indonesia dengan jumlah boarding gate yang tersedia sebanyak 6 gate (gate 5, gate 6, gate 7, gate 8, gate 9, dan gate 10) dan ke depannya jumlah boarding gate ketika Terminal 3 Internasional sudah beroperasi penuh akan menjadi sebanyak 14 gate.
Selain itu, Terminal 3 Internasional memiliki parking stand untuk pesawat wide body sebanyak 14 parking stand dan untuk pesawat narrow body sebanyak 11 parking stand, sehingga kapasitas parkir secara keseluruhan adalah 25 parking stand, termasuk diantaranya 3 parking stand khusus untuk pesawat Boeing A380.
Terminal 3 Internasional juga mengaplikasikan Video Docking Guidance System (VDGS) di area apron untuk memaksimalkan operasional dalam hal memudahkan dan memandu secara otomatis pesawat saat masuk ke area parkir pesawat serta memastikan pencatatan data status pesawat yang akan masuk dan keluar dari apron.
Di area Terminal 3 Internasional juga terdapat gedung parkir untuk parkir reguler yang dapat menampung sekitar 1.200 kendaraan pribadi. Untuk tahap awal ini, para pengguna parkir akan dibebaskan biaya parkir selama sepekan sebagai bentuk familiarisasi terhadap gedung parkir Terminal 3 Internasional.
baca juga:
- Maskapai Garuda Indonesia Memperluas Jaringan Layanan Pengiriman Kargo Udara Door To Door Di Indonesia
- AirAsia Bhd Mengakuisisi 50 Persen Saham Perusahaan Startup Travel Online Touristly Travel Sdn Bhd
- Di Musim Haji 2017 Garuda Indonesia Akan Menyiapkan 14 Pesawat Besar Dan Berbadan Lebar
Adapun untuk parkir inap, tersedia dua area parkir inap yaitu parkir inap timur dan parkir inap barat yang berlokasi di area perkantoran yang berada di tengah kawasan bandara di mana penumpang pesawat yang ingin menginapkan kendaraannya dapat melakukan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi smartphone “Parkir Inap CGK” yang dapat diunduh melalui Google Play.
--------------------------
0 comments:
Post a Comment