Monday, April 3, 2017

Alibaba Akan Bangun Pusat Logistik Dan e-Commerce Di Malaysia

Alibaba Akan Bangun Pusat Logistik Dan e-Commerce Di Malaysia

Alibaba, perusahaan e-commerce asal China milik miliuner Jack Ma, berencana membangun pusat logistik dan e-commerce di Malaysia. Proyek ini akan menjadi pusat untuk perkembangan perusahaan berkelas UKM di ASEAN.

Ini merupakan proyek pertama yang dibangun oleh Alibaba di luar China.

Pusat logistik dan e-commerce ini akan berlokasi di dekat Bandara Internasional Kuala Lumpur. Proyek ini akan jadi bagian dari kawasan perdagangan bebas digital yang diluncurkan oleh Jack Ma dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

Proyek ini akan menjadi gudang dan pemeriksaan kepabeanan terpusat untuk Malaysia dan regional ASEAN. Belum diketahui berapa nilai investasinya, namun proyek ini akan mulai beroperasi di akhir 2019.

Jack Ma sejak November 2016 lalu menjadi penasihat ekonomi digital pemerintah Malaysia. Ma mengatakan, 97% pelaku bisnis di Malaysia adalah UKM, namun porsi mereka terhadap perekonomian kurang dari 40%.
patut dibaca juga: Mulai 31 Maret 2017 Lion Air Grup Membuka Rute Denpasar - Brisbane, Queensland, Australia
"Saya pikir 90% dari UKM bisa memproduksi setidaknya 80% dari PDB (Pendapatan Domestk Bruto). Bila kita memiliki UKM lebih banyak, maka itu berarti kita menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak," kata Ma seperti dilansir dari AFP, Rabu (23/3/2017).

Sementara PM Najib mengatakan, salah satu sektor yang membuat pertumbuhan ekonomi berada di atas 10% adalah ekonomi digital.

Alibaba merupakan pemain e-commerce yang dominan di China. Perusahaan ini seringkali dibandingkan dengan Amazon dan eBay.


international freight forwarding in indonesia - quantum indonesia


0 comments: